Love, Passion, Lace, Flower, Fashion, Girls thing

Mengurus Visa Korea Selatan


Anyyeonnggg Haaaseeeooo......


Saya mau berbagi pengalaman nih mengenai pengurusan Visa korea selatan.. boleh donk ya?? hehehehe.
Dimulai dari bulan Desember 2014 salah seorang sahabat saya iseng-iseng berburu tiket murah di internet, dan ia menawarkan saya tiket murah PP Medan-KL-SEOUL-KL-Medan dengan harga di bawah 4 juta. Terkejut dong.. bisa di bilang itu termasuk murah lah untuk tiket pesawat menuju negeri Gingseng tersebut. lalu tanpa berpikir panjang saya pun setuju untuk ikut berpetualang ke Negri KPOP. Dengan banyak pertimbangan akhirnya kami memutuskan untuk pergi di bulan September 2015.

Ternyata banyak rintangan  yang harus kami hadapi, di mulai dari mencari penginapan yang murah dan bagus.Ada dua pilihan hemat jika ingin tinggal di Korea Selatan yaitu Tinggal di Guest House atau Menyewa Apartemen. Lalu kami membandingkan harga antara Guest House dan Apartemen serta letak nya yang strategis. Jika teman-teman berpergian lebih dari 6 orang dan menginginkan privasi lebih, Saya sarankan untuk menggunakan Apartemen karena lebih hemat. Apartemen yang kami pilih berada di daerah Hongdae dengan pertimbangan Hongdae adalah daerah anak muda yang selalu ramai. Penginapan yang kami pilih adalah Apartemen milik alexis , terletak Sebang Global City #1101, 157-1, Sangsu-dong, Mapo-gu, Seoul,

untuk reservasi dan informasi silahkan cek disini https://www.airbnb.co.id atau https://www.airbnb.com 

untuk tiket pesawat dan booking apartemen sudah saya lakukan. kemudian mulai lah menabung untuk biaya teman-teman selama disana. 

Lalu bagaimana cara mengurus Visa??

Banyak orang berpendapat mengurus visa korea selatan itu sulit, menurut saya tidak begitu sulit jika anda bisa melengkapi visa dengan baik. kebetulan saya berada di Medan, untuk mengurus visa saya sarankan teman-teman mengurus di travel ternama. memang biaya yang di keluarkan sedikit mahal tetapi jika di bandingkan mengurus sendiri ke jakarta tentu jauh lebih murah kan.

Biaya pengurusan Visa kunjungan wisata tahun 2015

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 520.000,-
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 780.000,-
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.170.000,-
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 910.000,-

  • Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

Saya memilih Single Visa karena saya hanya berkunjung di bawah 90 hari. Saat itu saya menggunakan jasa travel Thropy tour yang cukup terkenal di medan, biayanya saat ini (Agustus 2015) 700rb rupiah sudah termasuk biaya pengurusan Visa dan biaya visa itu sendiri .Persyaratan yang ia minta yaitu :


 1. Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas depan dan belakang beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)

2. Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)

3. Pasphoto 3.5 x 4.5 berlatar putih 

4. Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan

5. Surat Keterangan Kerja / Surat Refensi kerja dalam bahasa inggris di sertai dengan kop surat dan stempel perusahaan

6. Fotokopi SIUP Tempat Bekerja (Jika perusahaan kecil, Perusahaan besar dan terpusat tidak perlu)

7. Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan Bukti keuangan suami/keluarga yang menjamin (cth Ibu rmh tangga)

8. Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah dan bukti keuangan orang tua

9. Fotokopi Bukti Keuangan, pilih salah satu:

    * Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI

    * Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    * Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank 
    * Surat keterangan dan copy kartu membership golf
    * Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5
    * Surat keterangan pemegang program jamsostek
    * Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun



** Bagi pengusaha yang ingin mengajak serta asisten rumah tangga, harus melampirkan surat sponsor dari Employernya (surat keterangan kerja, kartu keluarga, bukti keuangan tidak perlu dilampirkan)



** Dokumen yang telah dilampirkan jika dianggap masih belum lengkap oleh Consul maka pihak Kedubes Korea berhak untuk meminta tambahan dokumen


**Untuk pasphoto contohnya seperti ini :















** Formulir Visa bisa di download disini http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/step/index.jsp

** Contoh surat referensi kerja (Judul harus berbahasa Inggris)



Untuk bukti keuangan saya ambil aman saja dengan menyertakan SPT PPH-21 , rekening koran dan surat referensi bank , fotokopi npwp, fotokopi kartu jamsostek dan fotokopi kartu bpjs untuk meyakinkan saja bahwa kita tidak akan tinggal disana dan mencari pekerjaan disana. selain itu saya juga melampirkan foto kopi ID card dan surat refensi dari orang tua, karena saya berpergian bersama teman-teman.


Alhamdulillah walau di rekening saya tidak sampai 35 juta Visa saya tetap di approve. Padahal sebelumnya saya sempat lemas mendengar di travel X bahwa saldo minimum yang tertera di surat referensi bank sebanyak 50 Juta rupiah dan mereka ga mau mengurus visa kita jika saldo tidak sampai 50 juta.

Intinya kita harus bisa meyakinkan pihak kedutaan bahwa kita tidak akan tetap tinggal di korea dengan ilegal atau mencari pekerjaan di sana dengan cara-cara yang tidak sesuai prosedur. Dengan berkas-berkas yg valid dan terpercaya mudah-mudahan mereka percaya dan mengizinkan kita untuk berlibur kenegara mereka.


Bentuk Visa Korea Selatan
Akhirnya... Seoul here we Gooooo~~~~~~~

**Untuk tanya2 silahkan di comment ya temanss... ^^




8 komentar:

  1. Nice posting, siap2 juga ah :))

    BalasHapus
  2. Gumawo referensi nya chingu,, semoga kami juga bisa kesana yaaa... :)

    BalasHapus
  3. Ka sailah boleh minta id linenya? Ini id lineku yah : salmabalkis

    Aku mau nanya nanya hehehe

    BalasHapus
  4. haiii... aku mau nanya, kalo aku bersama anak dan ibuku untuk ibuku berarti tidak perlu bukti keuangan yah?

    BalasHapus
  5. Bisa bantuin ngurusin visa soalnya saya di medan

    BalasHapus
  6. Jika dlm 3bln bank tidak ada trnsaksi tpi saldo dlm cukup apa visa akn di reject.lg jika nama spt tidak sama dengan nama acc bank blh x

    BalasHapus
  7. Saya mau pergi korea teaveling .bole di uruskan..

    BalasHapus